29 December 2010

INSTALASI COMPIZ FUSION

Di sela waktu kosong dan dimana ada seorang pengusik tidurku, ku sempat untuk memberikan coretan kecil tentang sebuah applikasi linux, yang mana applikasi ini sangat digemari para pemula linux terutama pada ubuntu, meskipun aplikasi ini tidak hanya di terapkan di ubuntu.

Compiz Fusion adalah suatu aplikasi yang dimana didalamnya kita bisa memberikan setuhan animasi di Dekstop Ubuntu kita. Disana kita bisa memilih animasi saat kita open/close window atau minimize/maximize wondow kita, ada berbagai macam pilihan yang bisa kalian coba terapkan sendiri dan memilih yang cocok dengan karakter anda.

Yang paling sering digunakan para pengguna ubuntu atau distro linux lainnya adalah Dekstop Cube. Sedikit penjelasan tentang Dekstop Cube, disini kita bisa memuter atau membalikkan dekstop kita seperti pada gambar yang di bawah ini :

itulah contoh dari Dekstop Cube, sekarang tinggal kalian saja, seberapa kreatif kah kalian menggabungkan antara koleksi gambar kalian dengan Dekstop Cube tersebut sehingga bisa menjadi cantik dipandang.

Ok tanpa panjang lebar saya menjelaskan Compiz Funsion dan Dekstop Cube kini ku kan beralih ke tahap penginstalan applikasi tersebut . . .

Ada dua cara untuk mendapatkan applikasi tersebut yaitu :
1. Pertama kita menggunakan Termilal yang bisa kita buak dengan keyboard shortchuts Alt+T
2. Kita bisa bukan Ubuntu Software Center dan ketikkan "Compiz Seting" di serc box

Nah disini aku akan membahas menggunakan cara yang pertama, karena cara yang kedua sangatlah mudah
Untuk langkah pertama yang harus dilakukan buka terminal, ku rasa semua udah tau tempat dan letak dimana termilah berada, nah setelah itu baru ketikkan "sudo apt-get install compizconfig-settings-manager" (tanpa tanda petik) dan tekan "Enter", nah setelah kita menekan tombol "Enter" disana kita akan diminta untuk memasukkan pasword kita, setelah itu kita tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah Proses instalasi selsesai kita buka Compiz Seting Managernya, nah disana kita udah bisa membuat cube seperti gambar diatas.

Janganlah puas dengan begitu aja, karena masih ada tahap kedua yang bakalan lebih seru, nah tahap kedua itu kita bisa menambahkan Copiz Seting Plugin Extra, nah proses instalasinya sama, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Terminal setelah itu kita ketikkan lagi "sudo apt-get install compiz-fusion-plugins-extra" (tanpa tanda kutip) langkahnya juga sama masukkan password dan tunggu hingga proses instalasi selesai, nah disini diplugin extra kita mendapat tambahan untuk Plugin Compiz, yang mana terdiri dari Burn, Blur, Explode, Airplane, dll, ntar bisa kalian lihat sendiri perbedaanya.

Untuk cara setingnya tak begitu rumit disana udah jelas semua tinggal kita centang Fungsion mana yang mau kita pakek, setelah itu kalo pengen lebih dari itu kalian bisa mengedit dalamnya seperti yang kalian mau . . . .

sampai disini perjumpaan kita, kita lanjut next time. . .

wassalam


0 comments:

Post a Comment